Mediator Tekan Israel-Hamas Segera Setujui Usulan Gencatan Senjata

GAZA JALUR, virprom.com – Sejauh ini masih terjadi serangan di Jalur Gaza. Bahkan sejak Minggu (2/6/2024) malam hingga Senin (3/6/2024) pagi.

Oleh karena itu, mediator berupaya mendorong Israel dan Hamas untuk segera menyepakati gencatan senjata di Gaza dan membebaskan para sandera.

Setelah Presiden AS Joe Biden berbicara di Gedung Putih pada hari Jumat, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bersikeras agar Israel melanjutkan perang yang mendekati bulan kesembilan.

Baca juga: Cegah Lebih Banyak Anak Menjadi Korban Perang, Save The Children Serukan Gencatan Senjata di Gaza.

Seperti dikutip dari AFP, Israel menuntut penghancuran Hamas dan pembebasan tahanan yang diculik dalam serangan kelompok tersebut pada 7 Oktober 2023 oleh Hamas.

Hamas menyatakan pihaknya positif terhadap usulan Biden kepada Israel.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menelepon anggota Kabinet Pertahanan Israel Benny Gantz dan Menteri Pertahanan Yoav Gallant untuk membahas kesepakatan itu, kata Departemen Luar Negeri dalam dua pernyataan pada Minggu malam.

Dalam panggilan telepon tersebut, Blinken “memuji” Israel atas proposalnya dan bersikeras agar Hamas menerima kesepakatan tersebut tanpa penundaan.

Netanyahu, seorang veteran politik tangguh yang memimpin pemerintahan koalisi sayap kanan yang rapuh, berada di bawah tekanan domestik yang kuat dari kedua belah pihak.

Para pengunjuk rasa yang mendukung pembebasan segera para sandera, yang kembali berdemonstrasi di Tel Aviv pada hari Sabtu, ingin Israel menerapkan perjanjian gencatan senjata.

Namun sekutu sayap kanannya mengancam akan menggulingkan pemerintah jika dia melakukan hal tersebut.

Sementara itu, pertempuran terus berlanjut di Jalur Gaza, dan rumah sakit mengatakan sedikitnya 19 orang tewas dalam serangan semalam dan Senin pagi.

Baca juga: Israel: Pertempuran di Gaza Utara Sudah Berakhir

Kecelakaan lain juga terjadi di Rumah Sakit Eropa di Gaza, dimana 10 orang meninggal dan satu lainnya luka-luka di Khan Younis. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top