Ruang Bakar Mesin Mobil Dipenuhi Kerak Karbon, Perlukah Turun Mesin?

JAKARTA, virprom.com – Seiring bertambahnya usia dan penggunaan, karbon menumpuk di ruang bakar. Kondisi ini mengganggu pengoperasian mesin sehingga perlu dilakukan pembersihan.

Manajer bengkel Auto2000 Pramuka Suparna mengatakan endapan karbon mudah menumpuk pada mobil yang jarang digunakan atau sedikit memanas tanpa dikendarai.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Apakah Mobil Baru Perlu Perawatan?

Konsumsi bahan bakar akan boros dan emisi akan tinggi. Ini akan berdampak serius jika mobil hanya dihangatkan sebentar dan tidak dikendarai, kata Suparna saat dihubungi virprom.com, baru-baru ini.

Lantas apakah perlu menurunkan mobil untuk menghilangkan endapan karbon yang menumpuk?

Di masa lalu, hal ini dihilangkan dengan perbaikan silinder yang tepat waktu. “Namun alatnya saat ini sudah banyak,” kata Suparna.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Bekas Bisa Merusak Komponen?

“Ada yang menggunakan teknologi membersihkan ruang bakar dengan cairan atau busa. Lalu ada yang menggunakan sistem hidrolik dan cara lainnya,” ujarnya.

Suparna menambahkan, Auto2000 mampu menghilangkan endapan karbon baik yang keluar dari mesin maupun tidak. Ini juga dapat digunakan dengan beberapa cairan busa dan dapat dibersihkan tanpa membongkar menggunakan metode tertentu.

“Itu terjadi saat servis rutin. Jadi saran saya lakukan servis rutin. Supaya hal seperti itu terdeteksi oleh bengkel kita. Lalu kita anjurkan kalau timbangannya perlu dibersihkan dan sebagainya,” ujarnya. kata Suparna.

Dari segi biaya, pembersihan endapan karbon pada ruang bakar atau biasa disebut cover mesin sangatlah berbeda. Namun rata-rata tarifnya mulai dari Rp 100.000. Dengarkan berita terbaru kami dan pilih langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top