Setiap Hari, 100-an Jemaah Haji Tersasar di Madinah

MADINAH, virprom.com-Sejak kedatangan jemaah haji Indonesia di Madinah, Arab Saudi pekan lalu, sebagian besar ibadah haji sudah terlaksana.

Setiap hari, banyak umat paroki yang kebingungan saat ingin kembali ke rumahnya.

Dalam sehari ada lebih dari 100 kasus jamaah hilang. Data tersebut belum termasuk kasus sasaran yang ditangani petugas haji lainnya.

Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari berangkat rombongan, lupa jalan pulang ke hotel, kebingungan karena keluar masjid melalui pintu yang berbeda, atau alasan lainnya.

Baca Juga: Hemat Banyak, Dispenser Air Galon Isi Ulang Ini Hanya Bisa Haji

Sejak Selasa (21/5/2024) sore hingga Rabu (22/5/2024) waktu Arab Saudi, Badan Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi meninjau Masjid Nabawi secara tertutup, namun berhasil mencapai 109 jamaah untuk pulang kampung. ke rumahnya. 

Dari jumlah tersebut, 70 jamaah harus diantar petugas ke hotelnya.

Sedangkan sisanya diambil oleh anggota kelompok atau ketua kelompoknya.

Baca Juga: Kemenag Diduga Gagal Layani Jemaah Haji, Bos Garuda: Kami Berusaha Memperbaikinya

Kepala Bidang Khusus Masjid Nabawi, PPIH Arab Saudi, Surnadi menjelaskan, permasalahan jamaah hilang menjadi kejadian paling menonjol bagi petugas di kawasan Masjid Nabawi hingga saat ini.

“Tapi alhamdulillah semua ini bisa teratasi. Semua jemaah bisa kembali ke hotelnya masing-masing,” ujarnya, dilansir dari virprom.com, salah satu anggota Hajj Media Center (MCH) 2024 Khairina.

Sejak awal, kata Surnadi, PPIH sudah mengantisipasi kemungkinan tersebut.

Makanya ada petugas khusus yang ditempatkan di area Masjid Nabawi di semua sektor, ujarnya, ke depan petugas tersebut akan membantu pemulihan gereja tersebut.

“Petugas bisa mengantar ke hotel atau menghubungi ketua rombongan,” ujarnya.

Alhamdulillah petugas membantu, kata Isqaha, salah satu jemaat gereja asal Lampung.  Dengarkan berita terbaru kami dan pilih langsung di ponsel Anda. Pilih saluran baru yang ingin Anda ikuti saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top