Merawat Kulit Kering dan Gatal pada Lansia

virprom.com – Seiring bertambahnya usia, kulit Anda menjadi lebih tipis, kehilangan lemak, dan menjadi kurang kencang dan halus dibandingkan saat Anda masih muda. Orang lanjut usia lebih mungkin menderita berbagai penyakit kulit.

Dokter kulit dan ginekolog, Rinadewi Astriningrum menyebutkan berbagai penyakit kulit yang menyerang lansia.

“Masalah kulit yang paling umum terjadi pada lansia adalah kulit kering dan gatal-gatal (ruam),” kata dr. Rina di acara Lifree peluncuran popok dewasa Unicharm Indonesia di Jakarta, Rabu (29/05/2024).

Katanya, kulit kering membuat tekstur kulit menjadi kasar dan pecah-pecah sehingga memudahkan bakteri masuk ke dalam tubuh. Kulit kering juga menyebabkan rasa gatal.

“Kulit kering biasanya disebabkan oleh penuaan kulit yang menyebabkan tekstur kulit menjadi kasar. “Kulit kering juga bisa menyebabkan dehidrasi,” ujarnya.

Baca juga: Mencegah Kanker pada Lansia yang Sering Tiduran

Penuaan kulit juga disebabkan oleh penyakit sistemik, seperti penyakit ginjal.

“Pendarahan itu kronis dan kalau tidak ditangani dengan baik, lama kelamaan bisa menyebabkan masalah ginjal. Jadi, kalau penyakit ginjalnya parah, timbul rasa gatal,” kata dr Rinadewi.

Untuk mencegah kulit kering dan gatal, kulit harus dilindungi dari kelembapan.

“Misalnya gunakan air yang banyak setelah mandi. Jangan gunakan air yang terlalu panas meski sedang mandi. Selain itu, perbanyak minum air putih agar tetap terhidrasi dan gunakan air yang lembab saat musim kemarau.

Ia juga menyarankan untuk menggunakan pembersih yang ringan dan menghindari bahan sabun tertentu yang tidak baik untuk kulit.

“Jika terasa gatal, jangan terlalu sering digaruk, tapi cucilah dengan handuk dingin atau gunakan es. Penting untuk selalu menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan dan memakai pakaian atau alat pelindung diri,” jelasnya.

Baca juga: Kulit Kering Karena Kurang Minum? Berikut rinciannya… Dengarkan berita terkini dengan pilihan berita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top