Swedia Janjikan Bantuan Militer Rp 20,26 Triliun ke Ukraina

STOCKHOLM, virprom.com – Swedia pada Rabu (29/5/2024) menjanjikan bantuan militer sebesar 13,3 miliar kroner (Rp 20,26 miliar) ke Ukraina.

Bantuan tersebut dijanjikan ketika Ukraina menghadapi penundaan bantuan militer penting dari Barat ketika perang melawan Rusia memasuki tahun ketiga.

Negara Skandinavia yang resmi bergabung dengan NATO pada Maret 2024 itu akan membawa sejumlah peralatan militer, antara lain pesawat pengintai ASC 890, rudal dan artileri permukaan-ke-udara dan jarak menengah Rb 99, serta seluruh kapal kendaraan lapis baja PBV 302. . .

Baca juga: Tragedi Desa Yahidne Dilihat Sebagai Contoh Rencana Putin di Ukraina

“Swedia mendukung Ukraina dengan paket bantuannya yang ke-16, yang terbesar sejauh ini senilai 13,3 miliar kroner,” kata Wakil Perdana Menteri Ebba Busch kepada wartawan, seperti dikutip kantor berita AFP.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky kemudian memuji paket bantuan tersebut sebagai hal yang penting bagi pertahanan dan ketahanan Ukraina dalam sebuah postingan di jejaring sosial X.

“(Bantuan Swedia) tidak hanya menyelamatkan nyawa warga Ukraina, namun membantu menjamin perdamaian dan keamanan jangka panjang di Eropa,” tulisnya.

Baca juga: Polandia mendesak Barat menggunakan senjata yang diberikan kepada Ukraina untuk menyerang wilayah Rusia Setelah Rusia, Belarus berhenti berpartisipasi dalam Perjanjian Pasukan Konvensional di Eropa

Menteri Pertahanan Swedia, Pal Jonson, yang juga berpartisipasi dalam konferensi pers melalui panggilan video, menambahkan bahwa pesawat pengintai ASC 890 sangat bermanfaat bagi pertahanan udara Ukraina, karena dapat mengidentifikasi rudal dan drone yang masuk ia dapat mengidentifikasi target di darat dan di laut. .

Swedia masih berencana mengirim jet tempur Gripen ke Ukraina, namun pada Selasa meminta penundaan karena angkatan udara koalisi Ukraina memprioritaskan jet tempur F-16 buatan AS.

Komitmen ini menjadikan bantuan Swedia ke Ukraina sejak aksesi Rusia pada tahun 2022 mencapai lebih dari 100 miliar kroner (Rp 152,39 triliun), menjadikan Kyiv sebagai penerima bantuan Swedia terbesar.

Baca juga: Swedia Akhirnya Bergabung dengan NATO. Dengarkan berita terbaru dan pilihan kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top