Bola Emas Diego Maradona di Piala Dunia 1986 Akan Dilelang

virprom.com – Memorabilia Ballon d’Or Piala Dunia 1986 karya Diego Maradona akan dilelang pada 6 Juni 2024 di Rumah Lelang Internasional Agutte di Paris, Prancis. 

FIFA Ballon d’Or merupakan penghargaan bergengsi bagi individu yang diakui sebagai pemain terbaik Piala Dunia. 

Diego Maradona memenangkan FIFA Ballon d’Or saat ia menjadi kapten Argentina meraih kemenangan di Piala Dunia 1986 di Meksiko. 

Selama babak playoff, Maradona masing-masing mencetak empat gol, dua di perempat final melawan Inggris dan dua melawan Belgia di semifinal. 

Baca Juga: Setelah Tiga Dekade, Pengadilan Italia Bersihkan Nama Diego Maradona

Dua gol Maradona ke gawang Inggris masih terkenal. Gerbang pertamanya diberi nama Gerbang Tangan Dewa. 

Sedangkan gol keduanya saat itu tercipta dari solo run Maradona setelah mengalahkan lima pemain Inggris dan dikenal sebagai ‘Goal of the Century’. 

“Di Piala Dunia 1986 itu, Diego bersinar tidak seperti sebelumnya atau sejak kariernya, itu adalah monumennya,” kata rekan setim Maradona, Jorge Burruchaga. 

“Kami tahu kami punya pemain-pemain terbaik dunia, tidak ada keraguan, kami tahu pasti,” kata Burruchaga dalam siaran pers yang diperoleh virprom.com. 

Baca Juga: Kisah Sukses Napoli dan Argentina: Satu Atas Nama Maradona

Burruchaga yang menjadi salah satu pencetak gol kemenangan Argentina di final memilih gol abad ini sebagai momen favoritnya di Piala Dunia 1986. 

“Kenangan favorit saya dari Piala Dunia ini adalah gol kedua yang dia cetak ke gawang Inggris. Itu masih menjadi gol terindah dalam sejarah bagi saya karena lapangannya, ketinggiannya, konteks kedua negara. Dan apa yang dia lakukan,” katanya. . 

“Dia melewati enam pemain. Luar biasa. Hari itu dia menciptakan warisan abadi bagi seluruh atlet Argentina,” tambahnya.

“Bukan hanya pesepakbola, tapi juga menunjukkan betapa Anda harus berjuang untuk bisa layak mengenakan seragam Argentina,” kata Burruchaga. 

Baca juga: Jelang Piala Dunia 2022, Handball God Maradona Laku Rp 37 Miliar

Diego Armando Maradona, bersama dengan Pele, diakui oleh FIFA sebagai pemain “20. pemain terbaik abad ini’ dan trofi ini melambangkan pencapaian dan tujuan terbesarnya. 

Sejak tahun 1982, Bola Emas Piala Dunia FIFA telah dianugerahkan kepada pemain terbaik turnamen dan telah menjadi salah satu penghargaan individu paling bergengsi di dunia sepak bola.

Desain bola emas berubah setiap Piala Dunia, tetapi untuk Piala Dunia 1986, desain bola resmi Adidas “Azteca” digunakan. 

Belum ada Bola Emas Adias yang pernah dilelang sebelumnya. Bola Emas Adidas telah disimpan di Museum FIFA di Zurich, Swiss sejak tahun 1990.

Seragam yang digunakan Maradona saat melawan Inggris juga terjual sekitar $7 juta. 

Kata legenda sangat cocok untuk Diego Maradona. Dia menyukai sepak bola sama seperti Muhammad Ali menyukai tinju dan Michael Jordan menyukai bola basket.

“Mereka adalah ikon yang mendorong batas-batas olahraga mereka. Dia tentu saja salah satu atlet paling manusiawi yang pernah kita kenal, dengan kekuatan dan kelemahannya,” kata pakar olahraga Francois Thierry dari rumah lelang Agutte. Segera lihat berita terbaru dan pilihan berita kami. di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan buka saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top