TNI Gelar Simulasi Penerapan Hukum dalam Operasi Militer Selain Perang

JAKARTA, virprom.com – TNI melalui Badan Pembinaan Hukum (Babinkam) pada Kamis melakukan simulasi Penerapan Hukum dalam Operasi Militer (OMSP) selain operasi tempur di Mabes TNI, Silangkap, bekas kawasan Tri Dharma Ek Karma. Jakarta. (16/05/2024).

Simulasi dibuka Irjen TNI (Irgen) Laksamana Dadi Hartento yang didampingi Kepala Babinkam TNI Laksamana Krasno Buntoro.

Tujuan dari simulasi ini adalah untuk memadukan pemahaman teori hukum dan praktik dalam operasi militer.

Baca juga: Dianne Andriani Ratna Dewi menjadi wanita pertama yang meraih pangkat Mayjen TNI Angkatan Darat

“Simulasi ini harus disampaikan kepada seluruh pegawai,” kata Dadi dalam siaran pers Pusat Penerangan (Puspen) TNI, Kamis malam.

Nenek mengatakan simulasi juga merupakan salah satu cara untuk mempelajari hukum humaniter internasional dan hak asasi manusia.

Melalui pendekatan learning-by-doing, peserta diharapkan memperoleh pemahaman yang lebih mendalam dan terapan mengenai hukum operasi militer.

Simulasi tersebut tidak hanya memperkuat aspek teoritis, namun juga memperkaya pengalaman praktis para peserta.

Irjen TNI mengatakan, “Operasi militer dapat kita lakukan sesuai dengan hukum humaniter dan prinsip hak asasi manusia internasional.”

Baca juga: TNI AL Rencanakan Kemungkinan Jalur dan Wilayah Penyelundupan Benih Lobster

Perwakilan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) turut serta dalam simulasi tersebut.

Perwakilan PBB yang berpartisipasi antara lain Cynthia Veliko, Reggie Johan Olhagen, Arnold J. Chaltin (Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia di Jenewa), Christina Tsanga (Penasihat PBB untuk Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Kurikulum) dan Simon O’Connor (Penasihat Militer) . Komisi Hak Asasi Manusia PBB.

Prabiyanto Mukti Wibowo, Koordinator Subkomisi Penegakan HAM atau Komisioner Pengawasan dan Penyidikan, turut hadir. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top