Jaga Kebersihan Area Kewanitaan dengan Sering Ganti Pakaian Dalam

virprom.com – Penting bagi wanita untuk membiasakan menjaga kebersihan area kewanitaan setiap hari.

Masalah yang berhubungan dengan kurangnya kebersihan intim antara lain gatal-gatal, bau tidak sedap, dan keputihan.

Ardiansjah Dara Sjahrudin, dokter spesialis kebidanan dan kandungan, mengatakan cara sederhana menjaga kebersihan area kewanitaan adalah dengan mengganti celana dalam secara rutin tiga hingga empat kali sehari.

“Perawatan paling mendasar adalah mengganti pakaian dalam secara rutin. Minimal tiga hingga empat kali sehari untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya masalah pada area vagina, termasuk keputihan, kata dokter Dara saat debat media yang diselenggarakan Betadine bersama Guardian, Selasa (28/5/2024) di Jakarta. . )

Vagina hampir selalu tertutup sehingga kondisinya lembab sehingga memudahkan reproduksi bakteri anaerob. Kondisi ini kemungkinan besar akan menyebabkan iritasi atau bahkan infeksi.

Baca juga: Tips menjaga kebersihan organ intim saat menstruasi

Mengenakan pakaian dalam yang menyerap keringat, pembalut, atau celana yang terlalu ketat dalam waktu lama juga dapat membuat vagina terkena iritasi bakteri. Padahal, tubuh memiliki mekanisme alami untuk mengeluarkan cairan bening atau yang sering disebut dengan keputihan.

Menurut dr Dara, idealnya wanita mengenakan celana atau rok yang tidak terlalu ketat setiap hari. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa lebih sering mengganti celana dalam.

Disarankan menggunakan celana dalam berbahan katun, karena memungkinkan sirkulasi udara dan mampu menyerap keringat dengan baik, sehingga bagian kewanitaan tidak menjadi lembab, jelasnya.

Selain itu, area kewanitaan juga harus dibersihkan atau dicuci setiap selesai buang air kecil dan besar. Cara membasuh atau membersihkan yang benar adalah dari vagina hingga anus.

“Misalnya saat membersihkan vagina setelah buang air kecil tidak perlu menggunakan sabun. “Bagian tubuh ini sebaiknya dibasuh saja dengan air bersih mengalir,” ujarnya.

Baca juga: Mengapa vagina berkeringat? Berikut 5 alasan mengapa Anda harus mendengarkan berita terbaru dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top