Mesir Kecam Israel Serang Rafah, Sebut Sengaja Bom Tenda-tenda Pengungsi

KAIRO, virprom.com – Mesir pada Senin (27 Mei 2024) mengutuk tindakan sengaja pemboman tenda pengungsi di Gazarafa yang dilakukan pasukan Israel.

Badan pertahanan sipil Gaza melaporkan bahwa serangan Israel menewaskan sedikitnya 40 orang.

Kementerian Luar Negeri Mesir mengeluarkan pernyataan yang menyerukan Israel untuk melaksanakan perintah Mahkamah Internasional dan segera menghentikan operasi militer di Rafah.​

Baca juga: Serangan Udara Israel Tewaskan 35 Orang di Rafah

Kementerian luar negeri mengutuk serangan itu sebagai pelanggaran mencolok terhadap hukum kemanusiaan internasional.

Kementerian luar negeri Mesir menyatakan penyesalan atas “tragedi” tersebut dan mengutuk “penargetan warga sipil yang tidak berdaya” yang dilakukan Israel.

“Kami mengutuk kebijakan sistematis yang bertujuan memperluas skala kematian dan kehancuran di Jalur Gaza dan menjadikannya tidak dapat dihuni,” kata kementerian tersebut, menurut AFP.

Jordan juga menyampaikan kritiknya. Mereka menuduh Israel terus melakukan kejahatan perang.​

Pihak berwenang Yordania menjelaskan: “Ledakan di Rafah melanggar keputusan Mahkamah Internasional dan merupakan pelanggaran serius terhadap hukum internasional dan hukum kemanusiaan internasional.”

Otoritas Palestina dan Hamas menuduh Israel melakukan “pembantaian” yang menargetkan pusat penerimaan pengungsi dekat Rafah di ujung selatan Jalur Gaza.

Baca juga: Israel Lanjutkan Serangan ke Jalur Gaza yang Melawan Keputusan ICJ

Di sisi lain, militer Israel mengatakan pihaknya membunuh dua pejabat senior Hamas dalam serangan udara di kompleks kota dan mengatakan pihaknya mengetahui laporan bahwa warga sipil terluka dalam insiden tersebut dan “sedang ditinjau.”

“Serangan-serangan ini ditujukan terhadap sasaran yang sah berdasarkan hukum internasional,” katanya.​

Dengarkan berita terkini dan berita utama kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top