Menginspirasi, Local Hero Pertamina Group Sabet 8 Penghargaan dari Kementerian LHK

virprom.com – Pertamina Group menerima delapan penghargaan pada Festival Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) 2024 di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Penghargaan tersebut diberikan kepada delapan pahlawan lokal Pertamina pada Penghargaan Inspirasi Pahlawan Lokal 2024, salah satu kategori acara tersebut.

Penghargaan Pahlawan Lokal yang Menginspirasi tahun 2024 memberikan penghargaan kepada kutipan-kutipan luar biasa, kisah-kisah inspiratif, dan inisiatif para pahlawan lokal untuk mengatasi tantangan global dari Krisis Tiga Planet melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Krisis tiga planet yang dimaksud adalah perubahan iklim, polusi, dan ancaman hilangnya keanekaragaman hayati.

Hal ini merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) Pertamina.

Baca Juga: Satgas Rafi Rampung 2024, Pertamina Patra Nayaga Apresiasi Perlawanan Kejanggalan di SPBU

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Sekjen Bambang Hendroyono bersama Sijith Riliantoro, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Pengendalian Kerusakan Lingkungan (PPKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kemarin di gedung Mangala Wanabakti Jakarta. seminggu

Vice President Corporate Communications PT Pertamina (Persero) Fajar Joko Santoso menegaskan, penghargaan ini merupakan wujud nyata komitmen Pertamina terhadap komitmen lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG).

“Mari kita berharap berbagai inisiatif local hero yang dilakukan Pertamina dapat mengatasi triple planetary krisis dan pada akhirnya berkontribusi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs),” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (30 April 2024).

Sementara itu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan penghargaan kepada delapan pahlawan lokal Pertamina dalam lomba cerita dan kutipan inspiratif.

Mingus Absalom Kalami dari PT Pertamina EP Field Papua menjadi juara pertama, Mohamed Jamaluddin dari Kilang IV Silacap meraih juara kedua dan Dade Ahmed Michel Fsitjeral dari PT Pertamina Fuel Terminal meraih juara pertama pada lomba motivasi bercerita. Juara kedua diraih Wanko dari PT Pertamina Patra Nayaga Bitung Integrated Terminal, sedangkan Khabir dari PT Pertamina EP Tarakan Field meraih juara ketiga.

Baca juga: UP dan Pertamina Foundation Jalin Kerja Sama di Bidang Inovasi dan Teknologi

Pada kompetisi penawaran terbaik juga diraih Cholik Hidaya dari Badak NGL sebagai juara pertama, Sarwana dari Kilang V Balikpapan sebagai juara kedua, dan Ali Kurniawan dari PT Pertamina Hulu Energy Offshore Southeast OSES (PHE) sebagai juara ketiga.

Absalom Kalami yang menjadi juara I lomba cerpen inspiratif ini mengaku berkolaborasi dengan Pertamina dalam kepedulian dan pemberdayaan masyarakat di Desa Adat Malasigi.

Pemberdayaan ini bertujuan untuk melindungi ulayat bhumi (tanah masyarakat) untuk konservasi hutan melalui beberapa inisiatif seperti promosi ekowisata dalam perhutanan sosial dan konservasi burung cendrawasih endemik.

“Hutan adalah ibu kami, jadi kami selalu berusaha menjaganya,” ujarnya.

Absalom mengaku berterima kasih kepada pemerintah pusat yang mengakui usahanya meski berada jauh di Papua.

Baca juga: Di Hannover Messe 2024, Pertamina Patra Nyaga memaparkan upaya energi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top