Apartemen Ini Dilengkapi Bukit Pasir

virprom.com – Fungsi lain dari adanya green roof pada sebuah bangunan adalah untuk meredam panas. Kehadiran atap hijau pada suatu bangunan diyakini dapat meredam panas dan menjaga suhu dalam ruangan.

Namun di Amsterdam, Belanda, arsitek lanskap Buro Haro mencoba mengganti atap hijau dengan sesuatu yang baru.

Bersama Bastiaan Jongerius, Ronald Janssen dan DGMR, mereka menciptakan sebuah gedung apartemen bernama Groenmarkt yang memiliki bukit pasir dan lingkungan di atapnya.

Baca juga: Atap hijau dipercaya dapat meningkatkan kualitas udara dalam ruangan

“Ini akan menjadi area yang dikelilingi bukit pasir, tempat tumbuhnya rumput dan tanaman lainnya, dan kolam renang air asin di tengahnya,” kata pendiri studio Harro de Jong.

Selain itu, Harro menjelaskan, cuaca di Belanda tidak selalu bagus sehingga penggunaan green roof dinilai tidak efektif untuk menurunkan suhu di dalam gedung.

“Jadi mengapa kita tidak membangun atap hijau yang tahan terhadap segala kondisi seperti angin, badai, dan hujan?” Dia menjelaskan.

Harrow menjelaskan, bukit pasir yang direncanakan di bagian atas bangunan akan membuat orang merasa seperti berada di luar. Hal ini membuat warga merasa lebih dekat dengan alam.

Atap bangunannya tidak hanya berupa bukit pasir, melainkan juga rumput khusus jenis Ammophlia Arenaria yang biasanya hanya tumbuh di kawasan tersebut.

Tujuan penggunaan ilang pada atap adalah untuk mencegah pasir yang hanyut tertiup angin. Selain itu, halaman rumput dinilai mudah perawatannya.

Untuk menonjolkan konsep alam, fasad bangunan ditumbuhi berbagai jenis tanaman, dan sarang burung serta rumah kelelawar ditempatkan di tempat-tempat penting.

“Gedung ini adalah gedung apartemen bagi manusia dan hewan,” tambah Harrow.

Sebuah bangunan tunggal seperti ini dapat mengubah lanskap kota menjadi seperti bukit atau gunung, bukan bangunan perkotaan, tambah Harro. Dengarkan berita terbaik dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top