Berapa Lama Waktu yang Dihabiskan untuk Mengecat Dinding Rumah?

Jakarta, virprom.com – Melukis merupakan salah satu pekerjaan yang menyita waktu, apalagi jika dilakukan oleh orang yang tidak memiliki pengalaman.

Saat mengecat, sebaiknya aplikasikan minimal dua lapis cat untuk hasil akhir terbaik dan rapi.

Namun pengaplikasian lapisan cat kedua membutuhkan waktu tunggu yang wajar agar dinding tidak terlihat rusak.

Dikutip dari The Spruce, biasanya aman untuk mengaplikasikan lapisan cat kedua setelah empat jam untuk cat lateks dan 24 jam untuk cat berbahan dasar minyak.

Baca juga: Ingin Mengaplikasikan Cat Rumah Minimalis Menggunakan Sprayer? ini adalah sebuah keuntungan

Cat lateks mengering saat disentuh dalam waktu sekitar satu jam. Sedangkan cat baru berbahan dasar minyak akan kering jika disentuh dalam waktu sekitar enam hingga delapan jam.

Semakin rendah kilap cat, semakin cepat cat mengering. Cat glossy membutuhkan waktu paling lama untuk mengering.

Warna kulit telur dan hasil akhir semi-gloss mewakili waktu pengeringan rata-rata cat.

Cat berbahan dasar minyak lebih tahan lama dan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering dibandingkan cat berbahan dasar air.

 

Cat berbahan dasar air lebih cepat kering dibandingkan cat berbahan dasar minyak karena airnya menguap sehingga cat mengering. Cat berbahan dasar minyak tidak mengandung air.

Meskipun cat berbahan dasar minyak bisa kering hanya dalam beberapa jam, sebaiknya tunggu selama 24 jam penuh atau lebih sebelum mengaplikasikan lapisan tambahan.

Jadi, rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk mengecat ruangan ukuran standar adalah 1 hingga 2 hari kerja, tergantung jenis cat yang digunakan dan luas ruangan. 

Jika Anda terburu-buru mengaplikasikan lapisan cat berikutnya sebelumnya, Anda berisiko merusak dinding.

Baca juga: Pilihan Warna Dapur Minimalis

Misalnya cat yang terkelupas dapat menimbulkan garis-garis yang terlihat, gelembung-gelembung, lubang-lubang kecil hingga lubang-lubang besar.

Cat yang rusak tidak dapat diperbaiki saat cat masih basah. Anda harus menunggu hingga cat mengering, lalu mengampelasnya dan mengoleskan lapisan cat baru. Dengarkan pilihan berita dan headline terkini kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top