6 Cara Sederhana Membuat Rambut Cepat Panjang

 

virprom.com – Beberapa orang mencari cara untuk menumbuhkan rambut dengan cepat, namun tidak semua orang berhasil mencapai apa yang diinginkannya.

Ketahui dulu bahwa ada beberapa hal yang mempengaruhi pertumbuhan rambut.

Ini termasuk DNA dan faktor lain seperti hormon, usia, genetika, dan kesehatan umum.

Namun, ada juga hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat kulit kepala dan rambut Anda lebih sehat sehingga merangsang pertumbuhan rambut.

Baca Juga: Hati-Hati Potong Rambut Gagal Perhatikan 9 Hal Ini Saat Salah Ke Barber Shop?

Menurut penelitian yang dipublikasikan melalui National Library of Medicine pada Agustus 2023, rambut tumbuh secara alami dengan kecepatan 0,35 mm per hari, yang setara dengan sekitar 0,5 inci per bulan atau total 6 inci setiap tahun.

Semakin pendek rambutnya (baik model bob, lob, atau buzz cut), semakin cepat pertumbuhannya, meskipun kecepatan sebenarnya tidak banyak berubah.

Begitu pula dengan rambut yang sudah panjang, mungkin tampak berhenti tumbuh jika terus tumbuh.

Penting juga untuk diketahui bahwa kita dilahirkan dengan jumlah folikel rambut antara 80.000 dan 120.000, sehingga kita tidak bisa menambahnya meskipun ada produk yang mengklaim dapat membuat rambut semakin tebal.

Namun, kita tetap bisa merangsang folikel rambut untuk membantunya tumbuh kembali. Cara memanjangkan rambut dengan cepat 1. Rawat batang rambut

Pertumbuhan rambut dimulai dari kulit kepala. Namun, jika ujung rambut rusak atau patah, maka rambut akan sulit tumbuh dengan cepat.

Jadi cobalah kombinasi perawatan, seperti perawatan penguatan rambut jika Anda pernah menggunakan bahan kimia pada rambut atau menata rambut Anda secara rutin.

Baca Juga: 9 Hal Mengejutkan yang Bisa Menyebabkan Rambut Rontok 2. Perbanyak asupan protein

Mayoritas folikel rambut terbuat dari protein. Oleh karena itu, jika kita tidak mendapatkan cukup protein, kemungkinan besar kita akan mengalami kerontokan rambut atau pertumbuhan rambut yang kurang optimal.

Beberapa sumber protein yang baik adalah telur, bubuk protein nabati, lentil, ayam, yogurt, dan keju.

Namun, jangan hanya fokus pada protein saja, karena pertumbuhan rambut dirangsang oleh nutrisi yang baik.

“Banyak orang kekurangan vitamin tanpa menyadarinya, karena pola makan yang buruk, nutrisi atau stres yang tinggi,” kata ahli trikologi Dominic Burg.

Ketika asupan nutrisi tidak mencukupi atau sedang dalam masa stres tinggi, tubuh akan menghentikan pertumbuhan rambut terlebih dahulu dan mengarahkan nutrisi serta energi ke organ yang paling membutuhkannya, sehingga rambut berhenti tumbuh.

Baca selengkapnya: Apakah sampo yang mengandung sulfat benar-benar berbahaya untuk rambut keriting?

Menurut dokter kulit Hope Mitchell MD, beberapa makanan yang baik untuk membantu rambut cepat tumbuh antara lain buah-buahan seperti stroberi, alpukat, blueberry, dan jeruk.

Kemudian sayuran seperti bayam, paprika, buncis dan brokoli, ikan berlemak seperti salmon, mackerel dan sarden, telur, kacang-kacangan dan biji-bijian. 3. Jaga kebersihan kulit kepala Anda

Menghilangkan penumpukan secara terus-menerus sangat penting untuk kesehatan kulit kepala dan pertumbuhan rambut. Pasalnya, kulit kepala dipenuhi minyak, kotoran, dan produk berlebih seperti sampo kering dan hairspray yang berpotensi menyebabkan iritasi dan peradangan yang pada akhirnya dapat menghambat pertumbuhan rambut.

Jadi pastikan rambut Anda dibersihkan secara menyeluruh.

Untuk kulit kepala yang lebih sehat, pastikan aliran darah dan nutrisi mengalir dengan baik ke folikel rambut.

Ahli trikologi Bridgette Hill menyarankan untuk mencampurkan minyak kulit kepala, serum, dan masker rambut dengan bahan-bahan yang merangsang kulit kepala seperti pepermin atau minyak pohon teh untuk meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala.

Baca selengkapnya: 4 tips memilih kondisioner yang tepat 

Hill juga menyarankan untuk menggunakan sampo kulit kepala seminggu sekali, khususnya mengoleskan sampo langsung ke kulit kepala dan diamkan selama 5 menit sebelum dibilas dan menggunakan kondisioner. 4. Potong rambut

Sebaik apapun kita merawat tubuh kita, rambut kita tidak akan pernah terlihat terbaik jika tidak dirawat dengan baik, dimulai dengan pemangkasan dan pemangkasan secara teratur.

Karena ujung rambut bercabang tidak pernah sembuh dengan sendirinya, maka harus dipangkas atau cabangnya akan tumbuh hingga helaian rambut patah.

Jadi meski terdengar berlawanan dengan intuisi, memotong rambut secara teratur dapat membantu rambut Anda tumbuh lebih cepat.

Baca Juga: Bagaimana Mengatasi Garis Perpisahan yang Lebih Luas? 

Penata rambut Mark Townsend merekomendasikan untuk memangkas rambut Anda sekitar 1/8 inci setiap 10 hingga 12 minggu untuk mencegah ujung rambut bercabang bahkan sebelum terlihat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top