Apa Itu Wifi Adapter, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

virprom.com – Adaptor WiFi adalah perangkat keras yang digunakan untuk mengaktifkan koneksi nirkabel di perangkat yang tidak memiliki kemampuan WiFi bawaan. Perangkat ini juga dikenal sebagai Jaringan Area Lokal Nirkabel (WLAN), kartu, adaptor LAN nirkabel, atau dongle wifi.

Selain menangkap sinyal WiFi, adaptor WiFi ini juga bisa menjadi perangkat alternatif untuk memperkuat sinyal WiFi.

Selain untuk menangkap sinyal WiFi, alat ini juga bisa digunakan untuk memperkuat sinyal internet yang ada. Untuk lebih jelasnya mengenai pengertian WiFi adapter, fungsi dan cara penggunaannya, berikut KompasTekno ulas ulasannya.

Baca Juga: WiFi Standard 7 Resmi Diluncurkan, Kecepatan Transmisi Definisi Adaptor WiFi 5,8 Gbps

Menurut LifeWire, adaptor WiFi adalah perangkat yang menghubungkan perangkat yang tidak memiliki fungsi WiFi ke jaringan Internet tanpa menggunakan kabel.

Adaptor WiFi bekerja dengan mengubah sinyal data dari perangkat menjadi gelombang radio, yang kemudian dikirim ke router atau titik akses. Router atau titik akses kemudian mengubah gelombang radio kembali menjadi sinyal data, yang kemudian dikirim ke perangkat lain di jaringan.

Biasanya komputer atau laptop Anda kini sudah bisa otomatis menangkap sinyal WiFi di sekitar Anda. Namun tak jarang beberapa perangkat kesulitan menangkap sinyal sehingga adaptor WiFi berguna untuk membantu perangkat terhubung ke jaringan Internet.

Jadi seberapa cepat adaptor WiFi bekerja? Kecepatan adaptor WiFi tergantung pada paket kecepatan internet yang Anda miliki. Jika Anda berlangganan internet berkecepatan 20 Mbps, kecepatan adaptor WiFi Anda tidak akan melebihi ini.

Selain itu, kecepatan adaptor WiFi tidak akan optimal jika Anda menggunakan router WiFi yang tidak mendukung kecepatan tinggi. Jadi, baik router maupun paket internet mempengaruhi seberapa cepat kerja adaptor WiFi. Fungsi Adaptor WiFi

Fungsi utama adaptor WiFi adalah memungkinkan perangkat yang tidak memiliki kemampuan WiFi bawaan untuk terhubung ke jaringan nirkabel. Berikut beberapa fungsi utama adaptor WiFi: Koneksi nirkabel

Adaptor WiFi memungkinkan perangkat seperti komputer desktop, laptop, atau bahkan tablet yang tidak memiliki kemampuan WiFi internal untuk terhubung ke jaringan WiFi. Hal ini menghilangkan kebutuhan akan kabel fisik dan memberi Anda fleksibilitas untuk menempatkan perangkat Anda di beberapa lokasi. Peningkatan dan penguatan sinyal 

Dalam beberapa kasus, adaptor WiFi dapat digunakan sebagai upgrade perangkat keras ke perangkat yang sudah memiliki kemampuan WiFi. Hal ini dapat meningkatkan penerima sinyal nirkabel atau memperbarui perangkat ke standar WiFi yang lebih baru, yang dapat meningkatkan kecepatan dan kualitas koneksi. Kemampuan dual band atau lebih

Banyak adaptor WiFi mendukung beberapa frekuensi atau pita, seperti 2,4 GHz dan 5 GHz. Ini memberikan lebih banyak fleksibilitas untuk memilih saluran yang bersih dan meningkatkan kecepatan koneksi. koneksi aman

Adaptor WiFi juga dapat mendukung protokol keamanan seperti WEP, WPA, atau WPA2, yang membantu melindungi koneksi nirkabel Anda dari akses tidak sah. Cara menggunakan adaptor WiFi di laptop

Berikut cara menghubungkan adaptor WiFi ke laptop Windows. Hubungkan dongle WiFi ke slot USB di laptop. Pilih “Start Menu, lalu pilih Control Panel. Pilih bagian “Network and Internet”. Klik opsi “Network and Sharing Center”.

Baca Juga: WiFi 7 Standar Resmi Diluncurkan, Kecepatan Transmisi 5,8 Gbps

Berikut ini gambaran umum tentang definisi adaptor WiFi, fungsi dan cara menggunakannya.

Dapatkan pembaruan harian tentang berita teknologi dan gadget pilihan. Yuk gabung di channel WhatsApp KompasTekno.

Untuk melakukan ini, klik tautan https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda perlu menginstal aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top