9 Manfaat Buah Sirsak, Termasuk Mencegah Kanker

virprom.com – Buah sirsak banyak mengandung vitamin, serat dan mineral. Lalu apa saja manfaat buah sirsak bagi kesehatan?

Manfaat buah sirsak antara lain menunjang kesehatan pencernaan, menurunkan gula darah, dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

Untuk lebih jelasnya, simak berbagai manfaat mengonsumsi buah sirsak di bawah ini.

Baca juga: Fakta Gizi Sirsak Apa saja manfaat buah sirsak?

Sekitar 200 gram buah sirsak memiliki sekitar 100 hingga 130 kalori.

Tak hanya itu, makanan sehat ini juga mengandung nutrisi penting lainnya, antara lain serat, karbohidrat, protein, vitamin B, C, magnesium, kalsium, dan potasium. Belum lagi adanya folat, antioksidan, zat besi dan zinc.

Karena nutrisi tersebut, buah sirsak menawarkan berbagai manfaat untuk menunjang kesehatan tubuh.

Dilansir dari WebMD, berikut beberapa manfaat buah sirsak bagi kesehatan: Mendukung kesehatan pencernaan

Faktanya, buah sirsak mengandung banyak air dan serat sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem dan saluran pencernaan agar tetap berfungsi dengan baik.

Serat merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Kebutuhan serat yang cukup dapat membantu memperlancar buang air besar dan mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Manfaat buah sirsak bagi kesehatan lainnya adalah kemampuannya melawan dan mencegah penyakit kanker. Pada buah sirsak terdapat berbagai senyawa antikanker termasuk antioksidan.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa ekstrak buah dan daun sirsak dapat mencegah perkembangan sel kanker, seperti kanker mulut, ginjal, hati, usus besar, prostat, dan payudara. Ini menurunkan gula darah

Sirsak telah terbukti membantu mengatur kadar gula darah dalam beberapa penelitian pada hewan.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di Journal of Ethnopharmacology, pemberian ekstrak sirsak pada tikus penderita diabetes menurunkan kadar gula darah hingga 75 persen.

Namun, penelitian pada hewan ini menggunakan ekstrak sirsak dalam jumlah pekat. Artinya jumlah buah sirsak cukup banyak jika dimakan sebagai makanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top