Teknologi Baru Motor Listrik, Pakai Chip untuk Tambah Efisiensi

TANGERANG, virprom.com – Singkatnya, kualitas kerja yang dihasilkan sepeda motor listrik tradisional terdiri dari 3 komponen utama yaitu dinamo, pengontrol, dan baterai.

Kompatibilitas fungsional antara ketiga komponen ini menghasilkan kinerja yang optimal. Tak hanya performa bagus, tapi juga efisiensi daya agar lebih stabil.

Dengan berkembangnya teknologi dan inovasi sepeda motor listrik, telah ditemukan komponen baru yang diklaim mampu meningkatkan performa secara keseluruhan. Komponen yang dimaksud adalah sebuah chip.

Chip tersebut mengontrol perangkat lunak motor listrik dan mengoordinasikan pengoperasian seluruh komponen, mulai dari dinamo hingga baterai.

Baca juga: Asal Usul Nama Sepeda Motor Listrik Savart Diambil dari Peneliti

Komponen tersebut digunakan pada Savart S-1, sepeda motor listrik lokal yang pertama kali diperkenalkan pada Indonesia Motorcycle Show (IMOS+) 2023 Ice BSD di Tangerang.

Garry Taifan, Chief Operating Officer PT Garda Energi Nasional Indonesia, produsen Savart, menjelaskan efisiensi dan umur kendaraan tampaknya menjadi kekhawatiran paling umum yang dimiliki masyarakat saat membeli sepeda motor listrik.

“Harus diakui, sepeda motor listrik ini masih tergolong baru dibandingkan sepeda motor berbahan bakar bensin. Makanya konsumen masih dalam tahap penyesuaian,” ujarnya kepada virprom.com, Kamis (26 Oktober 2023).

Komponen chip terbaru ini diklaim mampu mengatasi keresahan konsumen karena nantinya masalah performa atau inkonsistensi performa bisa teratasi.

Baca Juga: Data Teknis Gova F600, Sepeda Motor Listrik Tahan Lama Khusus untuk Jasa Angkutan

“Kami menggandeng banyak pihak, salah satunya Infineon untuk menjadi pemasok komponen chip,” ujarnya.

FYI: Infineon Technologies adalah perusahaan elektronik Kanada yang mengkhususkan diri dalam pengembangan teknologi TI seperti perangkat lunak, microchip, dan baterai.

Manajer Pengembangan Bisnis Infineon Technologies Tio Yulizar menjelaskan, selain berguna untuk meningkatkan performa, chip tersebut juga dapat memperluas jangkauan dan jangkauan motor listrik.

Baca juga: IMOS 2023, Kredit Sepeda Motor Capai Rp 5,75 Miliar

“Teknologi sekarang sudah menuju IoT (Internet of Things), sepeda motor listrik juga masuk ke ekosistem besar melalui chip ini,” ujarnya.

Proses penelitian dan pengembangan tentunya terus dilakukan untuk memaksimalkan teknologi chip, khususnya pada motor listrik, untuk meningkatkan efisiensi dan pemerataan. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top