Rusia Kini Akui ISIS Dalang Penembakan Konser di Moskwa

MOSKOW, Kompass.com – Rusia untuk pertama kalinya (24/5/2024) mengatakan bahwa ISIS berada di balik konser yang menewaskan lebih dari 140 orang di Moskow pada Maret 2024.

Moskow sebelumnya menyalahkan Ukraina dan negara-negara Barat atas serangan teroris paling mematikan di Rusia dalam dua dekade.

Kepala Dinas Keamanan FSB Alexander Bortnikov dikutip oleh RSS Novosti mengatakan bahwa cabang IAS diberitahu bahwa anggota Provinsi Khorasan (ISIS-K) aktif di Internet dalam persiapan, pendanaan, serangan dan kemunduran teroris. . Afganistan dan Pakistan.

Baca Juga: Rusia Temukan Data Pro-Ukraina di Ponsel Tersangka Serangan Moskow

Namun, Bortnikov secara langsung menyangkal keterlibatan Ukraina dan memberikan instruksi khusus bahwa setelah serangan berakhir, para teroris akan pindah ke perbatasan Ukraina, di mana sebuah “jendela” telah disiapkan untuk mereka di sisi lain.

Investigasi masih berlangsung, namun jelas bahwa intelijen militer Ukraina terlibat langsung dalam serangan itu, katanya.

Ukraina berulang kali membantah terlibat dalam pembuatan film pertandingan di Moskow.

Orang-orang bersenjata bertopeng menyerbu gedung Balai Kota Crocus di pinggiran Moskow dan membakarnya.

Lebih dari 12 tersangka ditangkap, empat di antaranya adalah warga negara Tajikistan, bekas republik Soviet yang berbatasan dengan Afghanistan di utara.

Baca juga: Rusia Mendaftar Perang di Ukraina Jelang Penembakan Konser di Moskow

Pada awal Maret, Rusia secara terbuka dan pribadi diperingatkan bahwa penyerang gedung konser Moskow sedang merencanakan serangan.

Setelah insiden tersebut, pejabat intelijen AS mengatakan kepada media Amerika bahwa mereka telah memberi tahu Rusia bahwa Balai Kota Crocus secara khusus menjadi sasaran serangan ISIS.

Rusia mengabaikan peringatan tersebut. Tiga hari sebelum serangan, Presiden Vladimir Putin mencoba mengintimidasi Rusia dengan memeras Washington.

Baca juga: Rusia Punya Bukti Penembak Konser Moskow Ada Kaitannya dengan Ukraina. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top