Menlu Jerman: Ukraina Butuh Segera Tingkatkan Pertahanan Udara untuk Lawan Rusia

KYIV, virprom.com – Menteri Luar Negeri Jerman Analena Berbock pada Selasa (21/5/2024) mengatakan Ukraina harus segera meningkatkan pertahanan udaranya untuk melawan serangan Rusia yang tiada henti.

Berbok mengatakan hal ini ketika dia tiba di Kyiv dengan kereta api, kunjungannya yang kedelapan ke Ukraina sejak invasi Rusia pada Februari 2022.

“Situasi di Ukraina kembali memburuk secara dramatis dengan serangan udara besar-besaran Rusia terhadap infrastruktur sipil dan serangan brutal Rusia di wilayah Kharkiv,” kata Burbock, seperti dikutip AFP.

Baca juga: AS Tak Berencana Kirim Pelatih Militer ke Ukraina

Dia menambahkan bahwa Ukraina perlu segera meningkatkan pertahanan udaranya untuk melindungi diri dari drone dan rudal Rusia.

“Dukungan kami didasarkan pada keyakinan mendalam bahwa Ukraina akan memenangkan perang ini,” lanjut Burbock.

Dia juga merujuk pada Presiden Rusia Vladimir Putin, yang yakin bahwa Ukraina dan sekutunya suatu hari akan kehabisan uang.

“Kami memiliki kemampuan untuk bertahan hidup,” katanya.

Baca juga: Ukraina menembak jatuh 29 drone Rusia semalam yang menargetkan Ukraina bagian barat, tengah dan selatan, mengklaim 492,290 tentara Rusia tewas setelah perang tahun 2022;

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pekan lalu memperingatkan bahwa serangan darat Rusia di Kharkiv, yang dimulai bulan ini, kemungkinan merupakan gelombang pertama yang merebut kota terbesar kedua di Ukraina.

Zelensky telah berulang kali meminta sekutu Ukraina untuk menyediakan setidaknya tujuh sistem pertahanan udara, termasuk setidaknya dua untuk mempertahankan Kharkiv.

Baca juga: Apa sebenarnya tujuan Putin menginvasi Ukraina? Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://vvv.vhatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top