Tanda Kelebihan Konsumsi Vitamin dan Mineral

virprom.com – Saat ini banyak makanan dan minuman dengan tambahan vitamin dan mineral yang masuk dalam kategori “sehat”. Hal ini juga tampaknya memudahkan orang dengan pola makan rendah nutrisi.

Namun kelebihan seperti kelebihan vitamin dan mineral bisa berdampak buruk bagi tubuh.

Alih-alih menyehatkan, mengonsumsi terlalu banyak suplemen vitamin justru bisa menimbulkan gejala seperti mual, diare, sakit perut, rambut rontok, bahkan kerusakan saraf.

Kebanyakan orang tidak mendapatkan banyak vitamin dari makanannya.

Seperti dikutip dari WebMD, peneliti nutrisi senior Johanna Dwyer mengatakan, “Jarang sekali orang mendapatkan cukup vitamin dan mineral hanya dari makanan. Mengonsumsi suplemen secara teratur serta makanan dan minuman yang diperkaya dapat membantu mengurangi risiko ini. Bantuan dapat ditemukan.”

Baca Juga: Kapan Sebaiknya Konsumsi Suplemen Vitamin C?

Namun jika Anda hanya mengonsumsi multivitamin dasar, Anda tidak perlu khawatir akan overdosis, menurut peneliti Dr. Andrew Xiao.

“Sebagian besar multivitamin memiliki margin keamanan yang besar, jadi tidak ada salahnya menggabungkannya dengan makanan yang diperkaya,” kata Shaw. Gejala suplementasi berlebihan

Pada dasarnya, tidak ada gejala khusus yang menandakan overdosis vitamin. Terlebih lagi, gejalanya ringan.

Gejala overdosis vitamin dan mineral dari suplemen antara lain sulit tidur, sulit berkonsentrasi, masalah neurologis seperti mati rasa atau kesemutan, dan peningkatan sensitivitas. Gejalanya bervariasi tergantung nutrisi mana yang berlebih.

Dwyer mengatakan, tiga nutrisi yang paling umum dikonsumsi adalah vitamin D, kalsium, dan asam folat, sebagaimana masyarakat biasa mengonsumsi suplemen tersebut.

Baca Juga: 14 Makanan Kaya Asam Folat

“Orang dewasa yang melebihi batas atas aman 4.000 IU vitamin D per hari bisa mengalami gangguan jantung,” ujarnya.

Di sisi lain, tambahan asam folat dapat menutupi gejala kekurangan vitamin B12 dalam tubuh. Kekurangan vitamin B12 dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan saraf.

Mengonsumsi berbagai makanan padat nutrisi seperti buah-buahan dan sayur-sayuran sangat dianjurkan untuk menghindari asupan vitamin dan mineral berlebih.

Selain itu, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi suplemen megadosis. Selain itu, beberapa jenis vitamin dan mineral dapat berinteraksi dengan obat Anda. Dengarkan berita terkini dan cerita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan kunjungi saluran whatsapp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top