PM Slovakia Jalani Operasi Baru, Kondisinya Masih Cukup Serius

BRATISLAVA, virprom.com – Kondisi Perdana Menteri Slovakia Roberto Fico masih sangat serius pada Jumat (17 Mei 2024).

Saat ini, Fico sedang melakukan operasi baru, dua hari setelah percobaan pembunuhan di pusat Handlova.

“Dia menjalani operasi lagi dan itu berlangsung hampir dua jam,” kata Wakil Perdana Menteri Robert Kalinak kepada wartawan di luar rumah sakit Banská Bystrica.

Baca juga: Perdana Menteri Slovakia dalam kondisi stabil usai ditembak mati Rabu lalu

Fico menjalani operasi selama lima jam sesaat setelah terbang dari lokasi penyerangan pada Rabu (15 Mei 2024).

Kalinak menambahkan pada hari Jumat: “Kondisinya masih sangat serius. Saya kira perlu beberapa hari untuk melihat perkembangan kondisinya.”

Sementara itu, direktur Rumah Sakit Banská Bystrica mengatakan Fico masih “sadar” meski “kondisinya serius”.

Sebelumnya pada hari Jumat, media lokal melaporkan bahwa polisi Slovakia menggeledah rumah pria yang dituduh melakukan penembakan tersebut.

Polisi membawa tersangka pria bersenjata, yang mengenakan rompi antipeluru dan helm, ke apartemen yang ia tinggali bersama istrinya di kota Lévis di bagian barat, menurut Makza TV.

Polisi mengatakan kepada AFP bahwa mereka tidak akan mengomentari penyelidikan yang sedang berlangsung dan belum ada tersangka yang diidentifikasi.

Namun media membenarkan bahwa dia adalah seorang penulis berusia 71 tahun bernama Juraj Cintula.

Dia didakwa pada hari Kamis dengan percobaan pembunuhan dalam apa yang menurut pihak berwenang sebagai serangan bermotif politik.

Serangan tersebut, yang terjadi hanya beberapa minggu sebelum pemilihan Parlemen Eropa, menimbulkan kekhawatiran akan terjadinya kekerasan lebih lanjut dan ketidakstabilan di negara yang terpolarisasi secara politik.

BACA JUGA: Warga sipil Israel kembali beraksi, truk bantuan Tepi Barat dibakar

Para pejabat mengaitkan hal ini dengan situasi politik di negara tersebut, yang dirusak oleh disinformasi dan serangan terhadap media sosial selama kampanye pemilu baru-baru ini. Dengarkan berita terkini dan pilihan terbaik kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top