Betulkah Sampo Bersulfat Bahaya untuk Rambut Keriting?

JAKARTA, virprom.com – Setiap merek sampo mengandung bahan yang berbeda-beda tergantung tujuan dari sampo itu sendiri.

Beberapa orang menekankan kafein nabati dan minoksidil dalam sampo untuk mengatasi rambut busuk, sementara yang lain menekankan ketoconazole dalam sampo untuk mengatasi ketombe.

Namun bagi Anda yang memiliki rambut keriting, sebaiknya berhati-hati dalam memilih sampo. Padahal, seperti dilansir Curlsmith, Jumat (24 Mei 2024), sampo sulfat sebaiknya dihindari untuk rambut keriting.

Baca selengkapnya: Cara merawat rambut keriting agar tetap kering dan kusut Poni apa yang cocok untuk rambut keriting

Apa itu sulfat?

Sulfat merupakan bahan aktif dalam berbagai produk perawatan pribadi, termasuk sampo, deterjen, dan pasta gigi.

Mereka membantu formula berbusa dan bertanggung jawab untuk “pembersihan.”

Bahan kimia ini juga terdapat pada berbagai produk kecantikan, mulai dari pembersih wajah hingga sabun mandi.

Bentuk sulfat paling umum yang sering ditemukan dalam daftar bahan produk adalah sodium lauryl sulfate (SLS), sodium lauryl sulfate (SLES), dan ammonium laureth sulfate (ALS).

Dalam hal sampo, banyak merek sampo kini meluncurkan sampo bebas sulfat, yang juga dikenal sebagai sampo bebas sulfat. Apakah sulfat berbahaya untuk rambut keriting?

Sulfat sering dianggap sebagai bahan pembersih yang baik. Ia memiliki sifat berbusa yang kaya yang dapat menghilangkan akumulasi debu.

Namun, orang dengan rambut keriting harus mewaspadai sampo sulfat, karena tidak cocok untuk sebagian besar jenis rambut keriting.

Sulfat sendiri tidak berbahaya dan aman digunakan. Hal ini karena, sebagaimana telah disebutkan, sudah termasuk dalam banyak produk perawatan pribadi sehari-hari.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Minyak Rambut untuk Rambut Keriting, Rambut Anti Singa Harga Mulai Rp 45.000, Cara Merawat Rambut Keriting Agar Cegah Berkerut

Namun, saat merawat rambut keriting, Anda perlu melindungi rambut dari bahan kimia tersebut. Sulfat sebenarnya mampu membersihkan secara mendalam.

Namun karena kemampuan membersihkannya yang kuat, sulfat dapat membuat struktur rambut menjadi sangat kering. Bahan-bahan tersebut cenderung menghilangkan minyak dan protein alami rambut Anda.

Toh setiap helai rambut keriting tidak terlindungi dan rentan rusak. Akibatnya, rambut Anda menjadi rapuh dan rapuh.

Faktanya, tekstur rambut keriting rentan terhadap kekeringan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghindari bahan-bahan yang dapat mengeringkan rambut. Dengarkan berita terkini dan berita yang dipilih dengan cermat langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top