Foto WhatsApp Tidak Ada di Galeri, Begini Cara Mengatasinya

virprom.com – Pengguna WhatsApp sehari-hari tentunya tidak hanya berkomunikasi dalam bentuk teks atau chat saja. Beberapa pengguna pasti memanfaatkannya sebagai akses untuk mengirim media berupa foto atau video karena lebih praktis.

Namun tidak jarang beberapa pengguna mengalami masalah. Gambar atau foto apa pun yang diunduh secara otomatis atau manual tidak akan disimpan di galeri. Hal ini tentu saja menimbulkan masalah bagi sebagian pengguna.

Ada beberapa penyebab foto WhatsApp tidak tersedia di galeri ponsel. Beberapa alasannya adalah koneksi internet, pengaturan fitur WhatsApp, dan kondisi penyimpanan.

Lalu bagaimana cara mengatasi jika foto WA tidak ada di perpustakaan? Singkatnya, berikut beberapa metode yang bisa Anda coba.

Baca juga: 2 Cara Menulis Miring di WhatsApp dengan Mudah dan Cepat Periksa koneksi Internet yang Anda gunakan

Salah satu penyebab foto WA tidak ada di perpustakaan mungkin karena jaringan data internet Anda tidak berfungsi dengan baik. Anda dapat mengubah jaringan internet Anda ke mode WiFi atau menguji kecepatan internet data seluler Anda di https://www.speedtest.net/id.  Aktifkan penyimpanan otomatis

Pengguna mungkin lupa menginstal dan mengaktifkan fitur autosave di WhatsApp. Oleh karena itu, periksa kembali pengaturan fitur simpan otomatis WhatsApp Anda. Cara mengaktifkan: Buka menu “Pengaturan” di WhatsApp Klik “Penyimpanan dan data” Selanjutnya aktifkan download foto. Atur tanggal dan waktu dengan benar di ponsel Anda.

Pengguna dapat mengatur tanggal dan waktu di ponselnya. Biasanya Anda dapat menemukan pengaturan ini di menu “Pengaturan” di bawah judul “Tanggal & Waktu”. Dalam opsi ini, Anda dapat menyesuaikan tanggal dan waktu pada perangkat Anda agar sesuai dengan tanggal dan waktu saat ini. Memori penyimpanan HP kosong

Cara mengatasi masalah foto WhatsApp tidak ada di galeri juga bisa dengan mengosongkan penyimpanan ponsel yang sudah penuh. Anda dapat menghapus file atau aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi. Aktifkan fitur ini untuk menyimpan foto di galeri

Untuk mengaktifkan fitur menyimpan foto ke galeri di WhatsApp, Anda bisa melakukannya melalui menu “Pengaturan” yang ada di aplikasi. Di menu, temukan opsi “Obrolan” dan aktifkan fitur Simpan ke Galeri.

Jika opsi ini diaktifkan, semua foto yang Anda unduh dari WhatsApp akan otomatis disimpan di perpustakaan perangkat Anda. Hapus cache aplikasi WhatsApp

Setiap aplikasi, termasuk WhatsApp, memiliki cache atau data sementara yang disimpan. Jika buffering terlalu banyak, aplikasi WhatsApp mungkin akan mengalami beberapa masalah, termasuk kesulitan menyimpan foto.

Untuk menyegarkan sistem aplikasi WhatsApp, pengguna bisa menghapus cache. Caranya dengan membuka menu pengaturan aplikasi. Selanjutnya, pilih aplikasi WhatsApp dan klik opsi “Hapus Data” atau “Hapus Data”.

Itulah beberapa cara mengatasi masalah foto WhatsApp tidak tersimpan di galeri ponsel. Selain cara di atas, Anda juga bisa mencoba cara lain dengan me-restart ponsel Anda atau menginstal ulang aplikasi WhatsApp melalui App Store atau Google Play Store. Semoga membantu.

Baca Juga: 10 Cara Mudah Bypass WhatsApp Pending, Jangan Panik

Dapatkan pembaruan berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Bergabunglah dengan saluran WhatsApp KompasTekno.

Untuk melakukan ini, klik tautan https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Pertama, Anda harus menginstal aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.

  Dengarkan berita terkini dan koleksi berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top