4 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Jadi Faktor Risiko Kanker

virprom.com – Orang sering mengira kanker disebabkan oleh gen yang buruk.

Namun, seperti yang ditunjukkan oleh Cedars Sinai, risiko kita terkena kanker bergantung pada kombinasi gen, lingkungan, dan aktivitas kita sehari-hari (gaya hidup).

Penelitian ilmiah selama puluhan tahun secara meyakinkan menghubungkan banyak pilihan gaya hidup, seperti merokok atau menggunakan tabir surya, dengan risiko dan diagnosis kanker.

Baca Juga: 19 Faktor Risiko Kanker Kulit Yang Harus Anda Ketahui

Faktanya, para ahli percaya bahwa perubahan gaya hidup yang tidak sehat saat ini mungkin menjadi penyebab meningkatnya kasus kanker di kalangan generasi muda.

Menurut Harvard School of Public Health, kasus kanker meningkat di kalangan orang di bawah 50 tahun, dan para ahli berpendapat bahwa perubahan gaya hidup mungkin ada hubungannya dengan hal tersebut.

Menurut artikel di Boston Globe pada 22 Juli 2023, kanker kolorektal pada orang di bawah usia 50 tahun telah meningkat sebesar dua persen setiap tahunnya sejak tahun 1990-an.

Baca Juga: 14 Faktor Risiko Kanker Usus Besar Yang Harus Diwaspadai

Kanker payudara di kalangan wanita telah meningkat sebesar dua persen setiap tahunnya dari tahun 2015 hingga 2019.

Jenis kanker lain yang sedang meningkat di kalangan generasi muda adalah kanker pankreas, rahim, ginjal, tiroid, dan prostat.

Artikel Boston Globe mengutip analisis data dari 44 negara yang dipimpin oleh Tomotaka Ogai, seorang peneliti di Departemen Epidemiologi, yang menemukan bahwa lebih dari 12 jenis kanker di antara orang di bawah 50 tahun telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Artikel berikut ini mengulas jenis gaya hidup yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker di usia dini.

Baca juga: Deteksi Dini Harus Jadi Strategi Melawan Kanker. Gaya hidup tidak sehat apa yang menjadi faktor risiko kanker?

Dikutip dari Pann Medicine dan Macmillan Gaya hidup yang berkontribusi terhadap kanker antara lain: Merokok

Merokok merupakan faktor risiko umum penyakit dan kematian yang dapat dicegah, termasuk berbagai jenis kanker.

Kanker yang dapat disebabkan oleh rokok antara lain kanker paru-paru, mulut, tenggorokan, kerongkongan, lambung, pankreas, ginjal, kandung kemih, dan leher rahim.

Menghirup asap tembakau orang lain (perokok pasif) juga meningkatkan risiko kanker. Menjaga rumah Anda bebas asap rokok akan melindungi Anda dan kesehatan Anda. Pola makan yang tidak sehat

Makanan yang Anda pilih untuk dimakan secara rutin juga bisa menjadi faktor risiko jenis kanker tertentu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top