19 Tahun Lalu Video Pertama di YouTube Diunggah

virprom.com – Tepat 19 tahun lalu, video YouTube pertama kali diunggah. Video pertama dalam sejarah YouTube diunggah pada tanggal 23 April 2005, sekitar sebulan setelah platform berbagi video ini didirikan pada tanggal 14 Februari 2005.

Orang pertama yang mengunggah video tersebut ke YouTube tak lain adalah Jawad Karim, salah satu pendiri YouTube. Video bertajuk “Aku di Kebun Binatang” ini berdurasi pendek, hanya 19 detik. Video tersebut diambil di depan kandang gajah di Kebun Binatang San Diego.

“Oke. Kita bersama gajah. Hal yang paling menarik tentang mereka (gajah) adalah belalainya sangat-sangat panjang, dan itu keren.” jelas Jawad.

Baca Juga: Siap-siap, YouTube Bakal Kirim Pesan ke Pengguna Aplikasi Tidak Resmi

Setelah menoleh ke belakang melihat gajah dan mengucapkan kalimat terakhir, rekaman video pun berakhir.

Seperti dilansir India Times mengutip KompasTekno, Kamis (25/4/2024), video tersebut direkam oleh seorang teman beberapa bulan sebelum YouTube resmi diluncurkan ke publik pada Mei 2005.

Meski video yang diunggah saat itu kualitasnya sangat rendah dan tidak sejernih sekarang, namun konten Karim sebenarnya merupakan bukti revolusi digital yang terjadi di platform YouTube.

19 tahun setelah diunggah ke YouTube, video Karim telah ditonton lebih dari 317 juta kali, disukai 16 juta orang, dan mendapat lebih dari 10 juta komentar. Banyak komentar positif yang dilontarkan netizen.

“Kami merasa sangat tersanjung melihat rekaman video YouTube pertama di sini,” tulis Kebun Binatang San Diego.

Baca Juga: OpenAI Gunakan Video YouTube untuk Latih GPT-4, Google Beri Peringatan untuk Bepergian di YouTube

Ia mendirikan YouTube Careem bersama dua temannya, Chad Hurley dan Steve Chen. Saat Karim mengunggah video tersebut, ia sedang belajar untuk mendapatkan gelar master di bidang ilmu komputer di Universitas Stanford, serta berkembang menjadi konsultan YouTube.

Kemudian, ketika Google membeli YouTube pada bulan Oktober 2006, Google menerima setidaknya 137.443 lembar saham senilai $64 juta.

Sementara itu, salah satu pendiri Steve Chen menerima 625,366 saham, yang juga ditambah 68,721 saham dari perwalian.

Pada saat yang sama ketika ia mengembangkan YouTube, Karim bekerja di sebuah perusahaan Amerika yang berspesialisasi dalam platform pembayaran online, PayPal. Ide pembuatan video ini muncul ketika Karim menemukan video gempa bumi Samudera Hindia dan Super Bowl.

Awalnya ketiga pendiri YouTube ingin membuat situs kencan, namun ada sejumlah tantangan dalam mewujudkan ide tersebut. Akhirnya, mereka menemukan potensi platform streaming video dan fokus mengembangkan YouTube.

Baca juga: Kepala YouTube OpenAI memperingatkan agar tidak menggunakan video untuk melatih model AI

Setelah Google mengakuisisi YouTube, Javad Karim mendirikan Y Ventures, atau sebelumnya bernama Youinversity Ventures. Di antara organisasi-organisasi ini, Careem telah berinvestasi di AirBnB, Reddit, dan Eventbrite.

Kini, YouTube terus menjadi platform raksasa untuk berbagai video. Saat ini, sebanyak 14 miliar video telah diunggah ke YouTube, menurut laporan The Atlantic. YouTube juga terus mengembangkan layanannya, seperti meluncurkan platform streaming musik YouTube Music, selain Short, fitur untuk berbagi klip video pendek.

YouTube juga terus mengembangkan cara untuk menjangkau kreatornya melalui berbagai program, seperti berlangganan. Dengarkan berita terkini dan daftar berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top