Aji Santoso Sebut Prestasi Timnas U23 Indonesia Bukan karena Keberuntungan

virprom.com – Aji Santoso tak sependapat dengan anggapan keberhasilan Indonesia melaju ke babak semifinal Piala Asia U23 2024 karena keberuntungan.

Ia menegaskan, ada sesuatu yang beruntung dalam sepak bola. Namun, ini hanyalah bagian yang sangat kecil.

Aji Santoso menilai, hasil positif yang diraih Timnas U23 Indonesia di Piala Asia U23 2024 ditandai dengan kerja keras, determinasi, dan integritas para pemain di lapangan.

“Oh tidak, kalau orang bicara seperti itu berarti mereka tidak bisa menganalisis permainannya,” ujarnya kepada virprom.com dan beberapa media.

Baca Juga: Indonesia Vs Uzbekistan: Yakin Pasukan STY Akan Terus Menyerang

Timnas U23 Indonesia lolos ke babak semifinal Piala Asia U23 2024 usai mengalahkan Korea Selatan 11-10 di laga uji coba, Kamis (25/4/2024).

Hingga saat ini, faktor keberuntungan dinilai menjadi faktor yang paling menentukan hasil tendangan penalti.

Selain itu, timnas Indonesia berusia 23 tahun juga terbantu dengan serangkaian keputusan cepat wasit Sean Evans yang menganulir gol Korea Selatan di awal babak pertama.

Wasit asal Australia pun memutuskan tendangan penalti Justin Hübner harus diulang karena kiper asal Korea Selatan itu yang lebih dulu keluar dari garis gawang.

Gagal pada percobaan pertama, Hübner mampu memasukkan bola saat penalti diambil kembali. Indonesia pun berhasil beristirahat dalam adu penalti.

Baca juga: Ajay Santoso Soal Piala Asia U23 2024: Indonesia Takut KTT

Meski demikian, Aji Santoso menyebut keberhasilan Timnas Indonesia ke-23 melaju ke babak semifinal Piala Asia U23 2024 ditentukan oleh kerja keras.

Ia merasa jatuh bangunnya Marcelino Ferdinand dkk di babak penyisihan grup tidak boleh diabaikan.

“Kalau dilihat dari pertandingan, kami mulai kalah melawan Qatar, lalu kami menang melawan Australia, Yordania, dan Korea Selatan,” kata pelatih berlisensi AFC Pro itu.

“Anda tidak bisa mengatakan itu karena keberuntungan. Ada alasan untuk keberuntungan dalam sepak bola. Tapi kami tidak selalu mengatakan itu. Kemarin kami bermain lebih baik dari Korea Selatan,” jelasnya.

Baginya, pandangan tersebut meremehkan perjuangan dan dedikasi Shin Tae-yung dan seluruh anggota timnas U23 Indonesia.

Baca juga: Timnas Indonesia Potensi Bersaing di Tingkat Asia

Ajay Santoso menegaskan, kesuksesan Garuda Muda saat ini tidak akan tercapai jika hanya menunggu bantuan Dave Fortuna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top