Inggris Juga Klaim China Kirim Senjata ke Rusia untuk Perang di Ukraina

LONDON, virprom.com – Menteri Pertahanan Inggris Grant Shapps pada Rabu (22 Mei 2024) mengklaim bahwa China telah mengirimkan senjata ampuh ke Rusia untuk melawan Ukraina.

“Hari ini saya dapat mengungkapkan bahwa kami memiliki bukti bahwa Rusia dan Tiongkok bekerja sama dalam bidang peralatan militer untuk digunakan di Ukraina,” katanya pada konferensi pers di London, menurut kantor berita AFP.

Ia juga memperingatkan bahwa NATO harus bangkit dan meningkatkan anggaran pertahanan anggotanya.

Intelijen pertahanan AS dan Inggris dapat mengungkapkan bahwa bantuan senjata saat ini mengalir dari Tiongkok ke Rusia dan Ukraina, lanjutnya.

“Sudah waktunya bagi dunia untuk bangkit. Itu berarti mengubah momen ini menjadi rencana dan kemampuan nyata. Dan hal itu dimulai secara mendasar dengan meningkatkan pengeluaran Sekutu untuk pencegahan kolektif,” kata Shapps.

Kemitraan strategis antara Tiongkok dan Rusia telah menguat sejak invasi ke Ukraina, namun Beijing membantah klaim Barat bahwa pihaknya mendukung upaya perang Rusia.

Tiongkok menawarkan bantuan kepada perekonomian Rusia yang terisolasi. Perdagangan antara kedua negara telah berkembang pesat sejak invasi dan diperkirakan mencapai US$240 miliar (Rp3,84 miliar) pada tahun 2023, menurut data bea cukai Tiongkok.

Namun Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan tidak sepenuhnya setuju dengan komentar Shapps.

Dia mengatakan sudah lama ada kekhawatiran bahwa Tiongkok akan secara langsung memasok senjata ampuh ke Rusia, namun Amerika Serikat belum pernah melihat hal seperti itu sampai sekarang.

Namun, “Negeri Paman Sam” tetap khawatir bahwa Tiongkok membantu Rusia dengan memasok input ke basis industri pertahanan Rusia, dibandingkan memasok senjata secara langsung.

Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin menunjukkan solidaritas yang kuat selama pembicaraan di Beijing awal bulan ini.

Setelah bertemu dengan Presiden Putin dalam kunjungannya, Presiden Xi mengatakan bahwa kedua negara sepakat tentang perlunya solusi politik terhadap perang tersebut. Dengarkan berita terkini dan berita pemilu langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita pilihan Anda dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com di https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top