TikTok Notes, Inikah Aplikasi “Pembunuh” Instagram?

virprom.com – Platform berbagi video pendek TikTok sedang menyiapkan aplikasi khusus yang akan menyaingi Instagram. Aplikasi tersebut, kabarnya bernama TikTok Notes, akan memungkinkan pengguna untuk berbagi foto, seperti yang biasa terjadi di Instagram di masa lalu.

TikTok sendiri sebenarnya memiliki fitur berbagi foto yang bisa diakses dengan mengetuk ikon “Plus” dan “Foto” di aplikasi. Bedanya, TikTok Notes akan dikhususkan untuk mengunggah foto, bukan video.

TikTok telah mengkonfirmasi kehadiran TikTok Notes, seperti dilansir Tech Crucnh. TikTok mengatakan aplikasi TikTok Notes akan menjadi bagian dari komitmen TikTok terhadap inovasi.

“Sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan kami untuk berinovasi dalam pengalaman TikTok, kami mencari cara untuk memungkinkan komunitas kami berkreasi dengan foto dan teks di ruang yang didedikasikan untuk format tersebut,” kata juru bicara TikTok kepada TechCrunch.

Baca juga: Joe Biden Ajak Xi Jinping Bahas TikTok, Apa Itu?

TechCrunch juga menemukan link ke situs milik TikTok dengan alamat photos.tiktok.com. Halaman ini telah dihapus, namun Anda masih dapat mengaksesnya di situs web Internet Archive.

Halaman tersebut menampilkan teks yang bertuliskan “Pembukaan (foto) di catatan TikTok”. Di sebelah kiri teks terdapat ikon hitam dan hijau yang mungkin merupakan logo TikTok Notes.

Di dalamnya, pengguna bisa melihat rangkaian foto disertai teks (judul) dan emoticon. Dengan kata lain, sangat mungkin pengguna bisa memberi caption pada foto yang diunggah di TikTok Notes.

Kabarnya juga ada beberapa pengguna yang mendapat notifikasi kehadiran aplikasi TikTok Notes.

Salah satu pengguna yang “beruntung” adalah Alex Friedman. Ia membagikan kehadiran fitur tersebut melalui jejaring sosial X (sebelumnya Twitter). Sepertinya TikTok meluncurkan aplikasi berbagi foto baru bernama ‘TikTok Notes’. pic.twitter.com/xTbgcGxJno — Alex Friedman ???? (@heyalexfriedman) 8 April 2024

Berdasarkan notifikasi yang dibagikan Friedman, foto publik pengguna yang telah atau akan diunggah ke aplikasi utama TikTok akan otomatis muncul di TikTok Notes.

Jika tidak ingin membagikan foto di TikTok Notes, pengguna bisa menonaktifkan fungsi sinkronisasi foto.

Pemberitahuan tersebut juga mengonfirmasi bahwa TikTok Notes akan segera diluncurkan, namun belum dirinci tanggal rilisnya.

Baca juga: TikTok Shop resmi berganti nama menjadi Shop Tokopedia

Ganti Nama

Bulan lalu, sebuah blog yang sering mengulas informasi sistem operasi (OS) Android yakni TheSpAndroid menemukan sederet kode pada file APK TikTok versi 33.8.4. File APK adalah format file yang dapat diinstal pada perangkat Android.

Baris kode ini berisi referensi ke ikon aplikasi baru bernama Foto TikTok. Foto TikTok dikatakan sebagai platform berbagi foto terbaru untuk membantu pembuat konten menjangkau orang-orang dengan minat yang sama.

Jika melihat penjelasan sebelumnya, sepertinya TikTok telah mengganti nama aplikasi terbarunya dari TikTok Photos menjadi TikTok Notes, seperti dikutip KompasTekno dari TechCrunch, Selasa (16/4/2024).

Aplikasi ini bisa jadi menjadi pesaing Instagram, apalagi TikTok Notes tidak perlu repot mencari basis pengguna.

Dengan sinkronisasi foto di atas, pengguna TikTok Notes tidak perlu memuat ulang koleksi fotonya. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top