Valid, Genteng Tanah Liat Bikin Rumah Lebih Adem, Ini Alasannya

JAKARTA, virprom.com – Pernahkah Anda memperhatikan bahwa rumah dengan genteng tanah liat lebih sejuk dibandingkan rumah dengan atap bahan lain?

Tentunya bukan hanya persepsi Anda saja, karena seluruh aspek genteng tanah liat mempengaruhi kinerjanya sebagai penutup atap rumah Anda.

Diposting oleh ehow pada Sen (07/03/2023) Sesuai dengan namanya, genteng tanah liat terbuat dari bahan tanah liat yang memiliki massa termal yang baik, seperti bata merah.

Massa termal adalah kemampuan suatu bahan untuk menyerap, menyimpan, dan memindahkan panas.

Material tanah liat membuat genteng dapat menyerap dan menyimpan panas dengan baik serta membuangnya secara perlahan pada malam hari saat suhu udara sedang sejuk.

Berbeda dengan atap logam atau aspal, atap ini mentransmisikan panas segera setelah diterima.

Faktanya, menurut Western Roofing Magazine, genteng tanah liat memindahkan 70 persen lebih sedikit panas ke rumah di musim panas.

Selain itu, jika diperhatikan, genteng tanah liat dipasang miring dengan teknik tertentu agar air hujan tidak masuk, meski berlubang.

Baca Juga: Sebelum memasangnya di rumah, ketahui dulu segudang manfaat ubin plafon keramik

Genteng tanah liat dipasang menggunakan pasak atau paku melalui tepi atas genteng dan diletakkan di atas penyangga kayu. Cara pemasangan ini memungkinkan aliran udara bergerak bebas di sekitar genteng.

Ubin tanah liat kemudian dapat memantulkan lebih banyak sinar matahari, meskipun efisiensinya bergantung pada warnanya.

Genteng tanah liat asli yang tidak dicat mampu memantulkan sinar matahari hingga 33 persen.

Itu sebabnya, menurut Laboratorium Nasional Lawrence Berkeley, genteng tanah liat mendapat peringkat 36 pada Indeks Reflektansi Matahari.

Sedangkan genteng berwarna putih mampu memantulkan 70-80 persen sinar matahari yang sampai ke permukaannya.

Sedangkan sirap aspal berwarna hitam hanya memantulkan 5-15 persen sinar matahari, sedangkan sirap berwarna putih memantulkan 35-55 persen. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top