Amikom Yogyakarta Pakai Prosesor AMD untuk Garap Film Animasi

YOGYAKARTA, virprom.com – Universitas Amicom Yogyakarta memanfaatkan teknologi ciptaan AMD untuk menggarap film animasinya.

Produser film animasi tersebut adalah Amicom Yogyakarta, sebuah perusahaan komersial MSV Studios.

“Kedua studio MSV juga menggunakan teknologi AMD. Studio aset 3D membuat aset, membuat tekstur, dll, lalu menampilkan animasi 3D untuk mentransfernya,” jelas Satya Abdul Halim Bahtiyar, Public Relations Officer AMD Yogyakarta, saat acara teknologi bersama AMD Indonesia. , Senin (04/03/2024).

Satya mengatakan, sejak tahun 2015, hampir seluruh proses pembuatan film animasi MSV Studios menggunakan prosesor AMD, khususnya seri Ryzen.

Teknologi AMD dipilih karena dirasa cukup untuk mendukung kebutuhan rendering pembuatan animasi.

Baca juga: Kampus ini adakan acara pelantikan mahasiswa baru yang menggunakan Minecraft

“Anda memerlukan proses rendering untuk membuat animasi. Untuk rendering, AMD memiliki core yang lebih banyak. Selain itu multitasking juga lebih mudah,” jelas staf IT MSV Studio Bayu Surya pada kesempatan yang sama.

Teknologi AMD juga digunakan dalam pengerjaan film animasi Battle of Surabaya yang dirilis oleh MSV Studios pada tahun 2015.

The Battle of Surabaya meraih beberapa penghargaan internasional seperti Best Animation di Hollywood International Film Festival 2018 dan Best Animated Feature di European Cinematography Awards 2018.

“Kami meluncurkan Battle of Surabaya pada tahun 2015. Semuanya kami bangun dengan menggunakan teknologi AMD,” kata Satya.

Namun, dia tidak menjelaskan prosesor apa yang digunakan untuk memproduksi film animasi tersebut.

Satya mengatakan, memproduksi The Battle of Surabaya merupakan tantangan besar. Sebab saat itu MSV Studio masih menggunakan produksi animasi tradisional yaitu gambar tangan kemudian scanning.

Baca Juga: 6 Kampus di Indonesia yang Memiliki Jurusan atau Jurusan Gaming

Proses tradisional ini terjadi pada awal produksi. Belakangan, MSV Studio beralih ke proses produksi animasi digital menggunakan teknologi AMD.

Saat ini MSV Studio sedang menggarap film animasi bertema prasejarah berjudul Aji Saka: Raja dan Bunga Kehidupan. Produksi film ini sedang dalam tahap akhir. Film ini rencananya akan berakhir tahun ini. Dengarkan berita terbaru dan penawaran kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top