Leverkusen Juara, dari Zona Degradasi ke Trofi, Keajaiban Alonso dalam 557 Hari

virprom.com – Saat Xabi Alonso tiba pada 5 Oktober 2022, Leverkusen berada di urutan ke-17 Bundesliga. Siapa sangka 18 bulan kemudian, Leverkusen akan mencatatkan sejarah dengan sukses.

Klub Leverkusen di bawah kepemimpinan James memenangkan kejuaraan Bundesliga pertama dalam 120 tahun sejarahnya.

Leverkusen mengukuhkan statusnya sebagai juara Bundesliga 2023-2024 lewat kemenangan telak 5-0 atas Werder Bremen pada laga pekan ke-29 di BayArena, Minggu (14/5/2024).

Hat-trick dari Victor Bonifas, Granit Xhaka dan Florian Wirtz memicu perayaan kejuaraan di BayArena. Berkat kemenangan atas Werder, Leverkusen meraih 79 poin pada pekan ke-29 Bundesliga 2023-2024.

Perolehan poin Die Werkself di lima pekan tersisa tidak akan menyamai dua rival terdekatnya, Bayern Munich (63) dan Stuttgart (63).

Selamat dan angkat topi untuk seluruh tim Bayer Leverkusen, kata pemain internasional Jerman dan legenda Bayern Munich Lothar Matthaus dalam rilis Bundesliga yang diperoleh virprom.com.

Baca juga: Leverkusen Juara Bundesliga, 43 Laga Tak Terkalahkan, Alonso Cetak Sejarah!

Cara Xabi Alonso membangun tim ini sungguh luar biasa. Mereka mendominasi Bundesliga musim ini dan masih berpeluang sukses di Liga Europa dan DFB Pokal, tambah Matteus.

Mattei sangat terkesan dengan penampilan Alonso. Sebab, saat Alonso datang pada 5 Oktober 2022 untuk mengisi kursi Gerardo Seoan yang dipecat, Leverkusen berada dalam situasi sulit.

Saat itu, Die Werkself tepat berada di peringkat 17 klasemen Bundesliga 2022-2023 dan baru mengoleksi lima poin dari delapan laga awal.

Awal buruk Leverkusen musim lalu diperparah dengan kekalahan telak melawan SV Elversberg, tim divisi tiga yang dikenal dengan nama DFB Pokal, di putaran pertama Piala Jerman.

“Dalam diri Xabi Alonso, kami telah menarik seorang profesional kelas dunia selama bertahun-tahun sebagai pemain, ahli strategi yang cerdik dan pelatih yang telah sukses di tiga liga paling menuntut di Eropa,” kata direktur olahraga Leverkusen Simon Rolfes tentang pengangkatannya. Alonso pada 5 Oktober 2022.

Rolfes dan manajemen Leverkusen sangat berterima kasih atas keputusan jelas tersebut. Alonso akan membuat perbedaan nyata, terutama pada 2023-2024 yang menjadi musim penuh pertamanya bersama Die Werkself.

Baca Juga: Leverkusen cetak sejarah, Neverkusen tak ada lagi, Viva Xabi Alonso!

Meja bundar media Bundesliga Lothar Matthaus membeberkan sejumlah hal yang mengemuka selama masa Xabi Alonso di Leverkusen pada sesi Rabu (27/3/2024) malam WIB.

Menurut Matteus, Alonso punya lima jurus ajaib, ia mengangkat trofi Bundesliga sebanyak 7 kali bersama Bayern dan meraih Scudetto bersama Inter pada 1988-1989.

“Dia banyak bicara, memperhatikan detail terkecil, mengoreksi segala sesuatunya saat latihan, dan tidak hanya mengandalkan starting Eleven saja, tapi seluruh pemainnya,” kata Lothar Matteus menjawab pertanyaan virprom.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top