Kemegahan Permainan Cahaya di Mosque of Light Dubai

virprom.com – Keindahan Masjid Noor menjadi salah satu hal yang wajib Anda saksikan saat berkesempatan berkunjung ke Dubai, Uni Emirat Arab.

Masjid ini dirancang oleh firma arsitektur NUDES yang berbasis di Mumbai, India. Desainnya bahkan diikutsertakan sebagai salah satu material peserta kompetisi Dubai Creek Harbour.

Tempat ibadah ini dirancang untuk menangkap permainan cahaya dari bentuk geometris gedung bertingkat yang memiliki kemampuan menyaring sinar matahari di siang hari sehingga terasa hangat saat berada di dalamnya.

Baca selengkapnya: Cinta dalam Motif Batik Truntum di Masjid Kubus Solo

Terletak sebagai bagian dari Proyek Pengembangan Pelabuhan Dubai Creek, Masjid Noor akan menjadi bagian dari pembangunan regional yang lebih besar.

Terdapat sekitar 48.500 unit rumah dengan populasi lebih dari 175.000 jiwa.

Didesain untuk salat sehari-hari, masjid ini berorientasi pada dinding kiblat utama musala pria dan wanita di lantai satu.

Di dalamnya, NUDES mengubah pola formal biasa dan menciptakan desain yang memantulkan sinar matahari dari permukaan melengkung ganda.

Efek ini menjadi lebih nyata dengan serangkaian bukaan jaring, yang merupakan hasil pengulangan sederhana geometri bangunan.

Sistem pencahayaan ini melindungi bagian dalam masjid dari sinar matahari berlebih, sehingga ruangan terasa sejuk dan nyaman untuk salat dan berkumpul.

Bangunan ini memiliki serambi terbuka dan berbentuk bujur sangkar yang terhubung dengan empat menara masjid di lantai satu.

Secara umum desain masjid ini menggunakan konsep sederhana dan transparan sebagai tempat ibadah yang dapat mengajak jamaahnya untuk shalat berjamaah dan beramal shaleh. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://vvv.vhatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top