Gaya Kepemimpinan Prabowo yang Asli

JAKARTA, virprom.com – “Saya akan menjadi diri saya sendiri, diri saya yang sebenarnya,” kata Presiden terpilih Prabowo Subianto pada Forum Ekonomi Qatar di Doha, Rabu (15/5/2024).

Pernyataan Prabowo itu muncul beberapa hari setelah Prabowo melontarkan pernyataan kontroversial yang menyatakan dirinya “tak mau diganggu” saat berpidato di direktorat teknis (bimtek) Partai Amanat Nasional (PAN) dan sarasehan pilkada, Kamis (5 September 2024). ). .

Dalam pidatonya, Prabowo menegaskan dirinya hanya akan bekerja sama dengan pihak-pihak yang menginginkannya.

Dan bagi yang tidak mau, “silakan jaga di pinggir jalan, jadilah penonton yang baik,” ujarnya.

Pengumuman Prabowo menimbulkan kekhawatiran: Apakah masih ada ruang untuk kritik setelah Prabowo dilantik pada 20 Oktober 2024? Yang tidak Anda inginkan adalah…

Juru bicara Prabowo, Danil Anzar Simanjuntak, mengatakan kalimat “jangan ganggu” tidak dimaksudkan sebagai anti kritik.

“Justru Pak Prabowo membangun narasi dialektis saling pengertian dan tidak adanya antagonisme. Jadi kita membangun bersama-sama di dalam dan di luar pemerintahan. Yang tidak diinginkan adalah kritik yang hanya memberi kesan bahwa pemerintah salah secara fundamental,” kata Danil, Rabu.

Baca juga: Prabowo Diminta Kurangi Jumlah Pernyataan Kontroversial Jelang Pilkada Serentak

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra Habiborohman sebelumnya juga mengaku kerap melontarkan hal serupa saat acara dan kampanye internal Partai Gerindra.

Namun, dia menjelaskan, pesan yang diusung Prabowo sebenarnya hanya ditujukan untuk melaksanakan kebijakan persatuan, yang mencakup kebijakan yang memungkinkan seluruh elite bersatu dan bekerja keras demi kebaikan rakyat.

“Unitnya tidak harus di pemerintahan, di kabinet, bisa di luar pemerintahan, bisa di dalam pemerintahan. Namun semangatnya sama dengan keinginan untuk berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara. “Kalau ada yang lebih dari itu, jangan diganggu,” kata Habiborohman dalam acara Sapa Indonesia Petang Kompas TV, Jumat (10/5/2024).

Habiborohman juga meminta agar pernyataan Prabowo tidak ditujukan langsung kepada pihak-pihak yang tidak mau bekerja sama di pemerintahan mendatang.

Baca juga: Mereka Bilang Ini Melemahkan Demokrasi, kata Prabowo sambil tertawa

“Juga diartikan ya, bandingkan oh, ada pihak yang kesulitan berkomunikasi, dianggap seperti itu, lalu diasumsikan ada tujuannya, sama sekali,” kata Khabiburokhman.

“Jangan sampai ada yang mengganggu, yang utama harapan Pak Prabowo agar kita semua bisa bersatu. Persatuan boleh di dalam pemerintahan, boleh di luar pemerintahan, tapi fokusnya sama untuk kemaslahatan bangsa. dan negara” katanya lagi. Hati-hati

Meski sudah diklarifikasi, pernyataan Prabowo tetap dianggap mencurigakan.

Sebab, sebelum itu Prabowo menyatakan ingin menyatukan semua kalangan untuk bersama-sama membangun Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top