3000 Ahli Urologi dari 60 Negara Kongres di Bali, Bahas Teknologi Termasuk Telerobotik

virprom.com- Sekitar 3.000 ahli urologi dari 60 negara mengikuti Kongres Urological Association of Asia (UAA) yang digelar di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Kamis (9/5/2024) hingga Minggu (9/5/2024). 8/9/). 2024).

UAA dan Persatuan Urologi Indonesia (InaUA) menjadi bagian dalam konferensi yang tahun ini mengangkat tema “Integrating urological Borders: Transformative Innovation to Meet Global Collaboration”.

Pertemuan ini akan membahas banyak topik seperti uro-onkologi, androurologi, urologi rekonstruktif, endourologi, neurourologi, urologi pediatrik dan urologi wanita.

Baca juga: Pelajari tentang operasi jantung minimal invasif dan manfaatnya

Selain itu, salah satu hal yang menarik adalah pemaparan perkembangan terkini teknologi bedah robotik yang disebut dengan bedah telerobotik.

“Topik ini menegaskan pentingnya inovasi dan kerja sama global dalam menghadapi tantangan di bidang urologi. “Sebanyak 21 organisasi internasional dan 8 organisasi urologi nasional berpartisipasi dalam pertemuan ini,” kata wakil presiden Kongres UAA tahun 2024, Prof. Tentang Dr. Tentang Dr. Gede Viria Kusuma Duarsa, M.Kes, MARS, SpU(K-Ped), FICS, dalam iklan yang diterima virprom.com.

Sesuai tema pertemuan, pembahasan dalam kongres difokuskan pada permasalahan yang sering dihadapi pasien urologi dan inovasi teknologi.

Selain itu, akan ada topik dan sesi informatif mengenai kehidupan seorang ahli urologi, yang memungkinkan peserta dari seluruh dunia untuk bertukar informasi dan belajar dari tantangan urologi yang dihadapi oleh berbagai negara.

Dalam pertemuan ini, tambah Profesor Gede, berbagai acara menarik akan digelar antara lain workshop, simposium, dan kompetisi ilmiah. Konferensi ini akan mampu mempererat komunikasi dan pertukaran ilmu pengetahuan antar pakar urologi dari seluruh dunia.

Baca juga: Operasi Disinformasi BPA, Ini Kata Pakar Polimer dan Pakar Kanker. digunakan. pada tingkat tinggi.

“Kongres UAA ke-21 ini diharapkan mampu memenuhi tujuan utama UAA, yaitu memajukan urologi di Asia, serta meningkatkan pelayanan terhadap pasien penyakit urologi, khususnya di kawasan Asia,” tuturnya. . .

Menurut Gede, permasalahan penyakit urologi terus menjadi tantangan bagi sektor kesehatan di Indonesia. Penyakit urologi yang terus memerlukan perhatian dan pengobatan harus terus mengikuti perkembangan teknologi, seperti urolitiasis (batu) yang jumlah kasusnya terus meningkat, tahun hidup yang disesuaikan secara fisik (DALI) dan kematian di seluruh dunia sejak tahun 1990.

Rektor Sekolah Tinggi Urologi Indonesia, Prof. Ph.D. Chadir A. Mochtar, SpU (K-Onk), dr. Dijelaskan, pada kasus Benign Prostatic Hyperplasia (BPH), jumlah peserta BPJS di Pulau Jawa yang diterima pada tahun 2016 hingga 2020 sebanyak 97.043 pasien. Pada tahun yang sama, 56.671 pasien dioperasi, dan 49.428 pasien dirawat.

“Jadi, kemajuan medis dan teknologi apa pun yang telah dicapai di bidang ini harus menjadi perhatian besar,” katanya.

Perkembangan teknologi kesehatan yang disebut dengan bedah telerobotik ini tidak hanya menyiapkan peralatannya saja, tapi juga pekerjanya.

Saat ini, kata Chaidir, banyak dokter bedah yang mendapatkan pelatihan pengelolaan penggunaan robot sebagai contoh teknologi bedah telerobotik.

Ia menambahkan, Pusat Bedah Robotik Indonesia sedang dalam tahap pembangunan dan telah mencapai tahap penyusunan Kurikulum Pelatihan Robotic Telesurgery Virtual Reality (VR) Simulator.

“Dengan didirikannya Pusat Bedah Robotik Indonesia, serta diselenggarakannya kongres UAA Bali 2024 yang diikuti oleh banyak dokter spesialis bedah telerobotik, kami berharap para ahli urologi di Indonesia dapat terus belajar dan berbagi ilmu sehingga teknologi ini dapat terus berkembang. dan menyebar di Indonesia,” ujarnya.

  Dengarkan berita terkini dengan pilihan berita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih berita favorit Anda untuk mendapatkan saluran WhatsApp virprom.com: https://vvv.vhatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top